Sejarah dan Perkembangan Search Engine

1. Google

Gambar

Siapa yang tak kenal dengan search engine yang satu ini. Salah satu search engine paling populer dan paling sering digunakan oleh manusia. Pada awalnya Google di dirikan oleh dua orang pemuda bernama Larry Page dan Sergey Birn yang terjadi dari sebuah pertemuan yang tidak disengaja pada tahun 1995 lalu. Larry Page merupakan alumnus Universitas Michigan (24) sedangkan Sergey Birn adalah salah seorang murid (23) yang mendapat tugas mengantar keliling Larry yang pada saat itu sedang menikmati kunjungan akhir pekan.

Pada Januari 1996, Larry dan Sergey membuat search engine yang diberi nama BackRub. Mereka menghipotesiskan bahwa sebuah mesin pencari yang menganalisa pereratan antara website dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada teknik yang sudah ada, yang menilai hasil berdasarkan jumlah pencarian tersebut muncul pada sebuah halaman. Setahun kemudian pendekatan unik mereka tentang analisis jaringan mengangkat reputasi BackRub.

Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google. Mereka mendapat suntikan dana dari Andy Bachtolsheim  pendiri Sun Microsystems yang merupakan teman satu kampus dari Sergey dan Larry. Sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS diberikan kepada mereka, namun cek tersebut tertulis atas nama perusahaan Google. Padahal pada saat itu Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Investasi tersebut menimbulkan dilema diantara keduanya karena mereka tidak dapat menyairkan cek tersebut selama belum ada lembaga legal yang bernama perusahaan Google. Di saat itu mereka tidak putus asa, merka terus bekerja keras mencari dana mulai dari kalangan keluarga, teman, dan sejawat hingga akhirnya terkumpul dana sekitar 1juta dolar. Dan akhirnya, perusahaan Google pun dapat didirikan pada 7 September 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California.

Seiring berjalanya waktu mesin pencari ini terus menarik perhatian jumlah pengguna internet yang terus meningkat, karena menyukai desainya unik dan sedarhana.

Penamaan Google.

Kata Google sebenarnya berasal dari kata “googol” yang pada awalnya dipopulerkan oleh Milton Sirotta. Millton Sirrota adalah keponakan dari pakar matematika Edward Kasner. Arti kata googol merepresentasikan sebuah angka 1 yang diikuti oleh 100 angka 0(nol) di belakangnya, yang tentu saja merujuk kepada angka yang sangat besar jumlahnya bahkan melebihi angka triliunan. Dan dari nama Googol tersebut menjelaskan misi bahwa nama Google sebagai salah satu gudang informasi sangat luas dan tak terbatas yang ada di internet.

Hingga saat ini Google juga merupakan salah satu perusahaan digital yang gencar mengakusisi startup yang berpotensi diantaranya seperti, YouTube, Android, Motorola Mobility, Pyra Labs yang mengembangkan Blogger, serta Keyhole Inc yang melahirkan layanan Google Maps dan google Earth. Saat ini, sudah ada ratusan startup (perusahaan rintisan) yang diakusisi oleh Google.

Sumber : http://forum.kompas.com/internet/35086-sejarah-google.html

2. Yahoo

logo-yahoo

Yahoo didirikan oleh dua orang mahasiswa Stanford bernama Jerry Yang dan David Filo. Mereka membuat sebuah situs yang saat itu masih belum mereka sebut sebagai Yahoo, melainkan “Jerry and Dave’s Guide to the World Wide Web” pada 1994.

Pada awalnya Yahoo hanyalah sebuah bookmark (petunjuk halaman buku), yang kemudian dikembangkan dengan mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokan berdasarkan subyek. Kemudian mereka ( Jerry Yang dan David Filo) mulai berpikir untuk memasukanya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Pada bulan Maret 1995, Yahoo pun mengadakan kerja sama bisnis dengan para Pemilik lembaga modal Ventura Silicon Valley.

Kemudian, mereka pun menjalin kerja sama dengan Sequa Capital, sebuah perusahaan yang mempunyai reputasi dalam bidang investasi termasuk
Apple Komputer, Atari, Oracle, dan Cisco Systems.
Mereka setuju untuk mendanai Yahoo dengan investasi awal mendekati $2 juta.
Karena realisasi perusahaan baru mereka mempunyai pertumbuhan potensial yang cepat, Jerry Yang dan David mulai membangun sebuah tim manajemen.
Mereka merekrut seorang veteran Motorola dan alumni jurusan Teknik Stanford bernama Tim Koogle sebagai chief executive officer dan Jeffry Mallet seorang Pendiri Novell’s Divisi konsumen WordPerpectsebagai chief operating officer.

Mereka berhasil menyelamatkan perputaran pendanaan yang kedua pada tahun 1995 dari investor Reuters Ltd. dan Softbank.
Yahoo! sangat sukses diluncurkan secara go public pada bulan April 1996 dengan jumlah total karyawan 49 orang.
Saat ini, Yahoo! Inc. telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil, dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya.
Sebagai navigasi pertama secara online yang memandu dalam web, http://www.yahoo.com adalah pemimpin pemandu konteks lalu lintas, periklanan, keperluan rumah tangga, dan jangkauan pengguna bisnis.

Penamaan Yahoo.

Yahoo merupakan sebuah singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Namun sebenarnya nama Yahoo memiliki arti lain, yaitu kuno atau primitive. Pengambilan nama ini terinspirasi oleh novel Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift. Sedangkan untuk URL-nya sendiri diberi nama akebono.stanford.edu/yahoo (Jerry Yang) dan konishiki.stanford.edu/yahoo (David Filo). Nah, untuk nama jepang tersebut, mereka adalah nama pesumo legendaris jepang.

Sumber : http://miiyong.blogspot.com/2012/11/sejarah-search-engine-yahoo-dan-google.html

3. Bing

bing-logo

 Bing saat ini merupakan salah satu mesin pencari nomor tiga dibelakang Yahoo dan Google.

Bing adalah mesin pencari yang ada dibawah naungan Microsoft. Mesin pencari ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencarinya terdahulu yaitu Live Search, Windows Live Search, dan MSN.

Pada tanggal 3 Juni 2009 Bing secara resmi diluncurkan menggantikan mesin pencari sebelumnya yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail.

Hasil pencarian Bing dikelompokan dalam video, gambar, teks, dan kategori yang lebih spesifik. Tujuanya jelas yaitu untuk membuat mesin pencari lebih user friendly, dan akurat. Bing juga dapat disesuaikan untuk menyediakan pengguna dengan informasi lokal seperti cuaca atau berita.

Satu dari beberapa layanan menarik yang dapat ditemukan di Bing adalah fitur “Bing Entertainment“, yang dari namanya saja kita sudah dapat menduga apa saja yang ada di dalamnya. Di bing entertainment, ada banyak pilihan yang dapat kita tonton  sebagai media hiburan gratis (terlepas dari langganan koneksi internet) kapan saja dan dimana saja.

4. Mozilla Firefox

FFlogo

Mozilla Firefox adalah sebuah browser yang nyaman dan mudah digunakan serta memiliki fitur canggih seperti integrated search toolbars and tabbed browsing.

Mozila diciptakan oleh pemuda jenius bernama Blake Ross. Saat itu usia Blake baru menginjak 19 tahun dan kemudian diluncurkan untuk umum pada November 2004.

Mozilla kemudian digabungkan dengan Firefox, program yang diciptakanya bersama Dave Hyatt. Yang kemudian namanya digabungkan menjadi Mozilla Firefox seperti yang kita kenal saat ini.

Banyak orang yang memuji Blake Ross karena kesuksesanya mampu merebut  pasar fasilitas penjelajah internet, yang selama ini dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer. Karena banyaknya pengguna Mozilla Firefox yang dengan cepat menerima mesin pencari ini yang dinilai lebih aman dan mudah dipakai.

Penamaan Mozilla Firefox

Mozilla Firefox pada aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird yaitu penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 1.0-nya dirilis pada 9 November 2004.

Dalam sejarahnya, Mozilla pada awalnya digunakan sebagai code name browser web Netscape Navigator. Jamie Zawinski, seorang pegawai Netscape Communication Corporation kemudian memberikan ie nama Mosaic killer, nama “Killer” lebih popular diucapkan “Killa” yang kemudian berubah menjadi “illa”. Kemudian digabungkan dengan Mosaic menjadi Moz+illa, dan Zawinski berharap dengan nama tersebut dapat menempatkan Mosaic menjadi browser yang popular.

Mozilla adalah mascot dari Netscape Communications Corporation yang dahulunya dikenal dengan nama Mosaic Communications Corporation.

Sumber : http://natactory.blogspot.com/2012/11/sejarah-browser-mozilla-firefox.html

Leave a comment